beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Walikota Tomohon Ajukan LKPJ 2016 ke DPRD

Donny Turang 20 March 2017, 12:30


PERTANGGUNGJAWABAN - Walikota Tomohon, didampingi Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan saat menyerahkan buku LKPJ TA 2016 kepada Ketua DPRD Kota Tomohon, Miky Junita Linda Wenur yang didampingi wakil ketua, Caroll Joram Azahrias Senduk dan Youddy Yan Yoppy Moningka. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Senin 20 Maret 2017, Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengajukan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Tahun Anggaran (TA) 2016 dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap anggota DPRD Kota Tomohon yang telah melaksanakan pembahasan dan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Walikota Tomohon T2 016.," ujarnya saat memberikan sambutan.

Dlam LKPJ ini, Jimmy mengatakan, perlu diketahui pencapaian program dan kegiatan dalam pelaksanaan APBD TA 2016, tidak tepas dari mekanisme pengelolaan keuangan Pemkerintah Kota omohon yang mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selang dua tahun.

Pemerintah Kota Tomohon, Jimmy menjelaskan, telah berupaya mengoptimalkan pendapatan keuangan meliputi ,memantapkan kelembagaan dan sistem operasional pemungutan pendapatan daerah, Mmningkatkan pendapatan daerah dengan intensifikasi dan ekstensifikasi, Mmningkatkan koordinasi secara sinergis di bidang pendapatan daerah dengan pemerintah pusat dan pemerintah propinsi untuk peningkatan dana perimbangan terutama Dana Alokasi Khusus (DAK)dan Llin-lain Ppndapatan Dderah yan g sh, Mmningkatkan kinerja BUadan Usaha Milik Daerah (BMD )dalam upaya peningkatan kontribusi secara signifikan terhadap pendapatan daerah, Mmningkatkan pelayanan dan perlindungan masyarakat sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak daerah dan retribusi daerah, Mmningkatkan peran dan fungsi SKatuan Kerja Perangkat Daerah (SPD )penerima PAendapatan Asli Daerah (PD )dalam peningkatan pelayanan dan pendapatan; sertaMmningkatkan pengelolaan barang milik daerah dan keuangan daerah.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda)Kota Tomohon nNmor 4 tahun 2015 tentang APBD Kota Tomohon tTA 016 dan pPerda ota Tomohon nNmor 5 tahun 2016 tentangfPerubahan APBD Kota Tomohon tTA2016, mJimmy melanjutkan,target pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp.673.633.027.327, an realisasi sebesar Rp.655.531.028.793,atau dengan persentase sebesar 97,31%. D

ari segi pembangunan infrastruktur, berbagai sarana prasarana jalan telah terbangun (jalan, jembatan, saluran irigasi).

Utuk menunjang masalah pangan pemerintah telah memprogramkan peningkatan produksi komoditi padi sawah, jagung serta peralatan (alsintan) bagi petani.

Aspek lingkungan hidup berupa pencapaian kota bersih dengan pola pengangkutan sampah dari masyarakat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang semakin baik.

Di bidang pendidikan, fokus utama pendidikan karakter, pendidikan vokasional dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan.

Di bidang ekonomi, pembangunan pasar rakyat melalui penataan kawasan pasar beriman.

Rapat Paripuna ini dipimpin Ketua DPRD Kota Tomohon, Miky Junita Linda Wenur, didampingi wakil ketua, Caroll Joram Azahrias Senduk dan Youddy Yan Yoppy Moningka, yang diakhiri dengan penyerahan buku LKPJ TA 2016 dari Walikota Tomohon kepada Ketua DPRD Kota Tomohon. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial