beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Wagub Warning PT PLN

Donny Turang 18 August 2016, 08:00


TOMOHON, beritanusantara.co.id - Wakil Gubernur (Wagub) Propinsi Sulut, Steven Kandow mengungkapkan tentang defisit listrik di Sulut. Sehingga mengoptimalkan potensi panas bumi sebagai sumber tenaga listrik sangat penting.

"Hingga Desember 2015 lalu, kita krisis listrik. Untung datang dewa penyelamat, yakni kapal pembangkit listrik dari Turki yang kini ada di Amurang Kabupaten Minsel," ujarnya saat memberikan sambutan di Festival Geothermal Indonesia ke-2 serta Peluncuran Pusat Informasi Virtual Panas Bumi di Kawasan Wisata Danau Linow, Jumat 05 Agustus 2016.

Kendati kapal pembangkit listrik Turki sudah ada, namun Steven meminta, kepada manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) agar dapat memperhatikan stok listrik. Alasannya, suatu saat bisa saja kapal itu kembali ke Turki dan Sulut kembali defisit listrik. "Kapal Turki ini, menyuplai pasoka. 120 Megawat (MW). Dan sekarang kita hanya devisit 10 MW. Saya minta kepada PT PLN agar memperhatikan pembangkit-pembangkit yang ada, terutama pembangkit diesel yang ada di Bitung dan tempat lain," tuturnya, seraya mengakui pembangkit diesel memerlukan biaya besar.

Sulut dengan potensi energi panas bumi, Steven melanjutkan, harus dapat dikelola dengan baik, guna menunjang pemerintah nasional mewujudkan 35.000 MW listriik. "Panas bumi adalah energi baru terbarukan yang ramah lingkungan dan sangat diandalkan sekarang," jelasnya.

Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman menyatakan apabila Pemerintah Kota (Peko) Tomohon sangat mendukung program OD - SK (Olly Dondokambey - Steven Kandow), Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Sulut. "Saya meminta petunjuk dari pak Wagub, untuk mensukseskan program OD - SK," kata Jimmy. (donny)

REKOMENDASI



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial