beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Lingkungan Hidup, Infrastruktur dan Investasi, Tema Pembangunan 2018

Donny Turang 20 March 2017, 11:19


MUSRENBANG - Suasana Musrenbang untuk penyusunan RKPD Kota Tomohon tahun 2018 di aula lantai III Kantor Walikota Tomohon, Jumat 20 Maret 2017. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengungkapkan apabila telah dirancang tema pembangunan Kota Tomohon 2018 yaitu 'peningkatan infrastruktur, iklim investasi, sumber daya dan kualitas lingkungan hidup'.

"Tema ini masih akan dimatangkan. Apakah sudah cocok atau akan ditambah kurang. Nantinya dibahas pada saat perumusan rancangan akhir SKPD, mengenai keselarasannya dengan arah pembangunan nasional," ungkap Jimmy yang didampingi Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan, pada forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tomohon Tahun 2018, Senin 20 Maret 2017.

Prioritas pembangunan Kota Tomohon 2018, Jimmy mengatakan, yaitu kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial, penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum, perlindungan masyarakat, pelestarian Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana, penataan ruang, pariwisata, budaya, pembangunan infrastruktur, kualitas birokrat dan tata kelola serta kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami telah menyaring dan mendaftarkan berbagai rencana program aksi pembangunan untuk semakin memperkuat pencapaian program prioritas yang ada. Antara lain, pembangunan dan peningkatan gedung olahraga (GOR), pembangunan pusat-pusat wisata dan budaya, melanjutkan program Dedicated EMAS (e-goverment, merubah wajah kota, akselerasi pembangunan, smart city), serta pembangunan peningkatan jalan kota untuk lingkar timur dan barat," jelasnya.

Nantinya apa yang dihasilkan, diputuskan dan disepakati, Jimmy mengharapkan, benar-benar dijabarkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) dan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah (PD), agar pada saatnya akan menghasilkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang semakin capable mengakumulasi berbagai kebutuhan pembangunan daerah dan kualitasnya semakin baik dari tahun ke tahun.

Musrenbang kelurahan hingga kecamatan aplikasi e-Musrenbang serta penyampaian pokok-pokok pikiran dari DPRD Kota Tomohon, Jimmy menyakini, berbagai usulan prioritas telah ditampung, disaring dan diselaraskan dengan arah kebijakan dan strategi pembangunan baik di tingkat pusat maupun dengan provinsi. Yang nantinya diharapkan dapat menjadi dokumen terpadu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Lima Tahunan.

"Kami optimis bahwa Musrenbang RKPD untuk tahun 2018 ini akan semakin memperkuat pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Tomohon yang kemudian akan mendukung pencapaian prioritas pembangunan di Sulut dan tentunya akan berkontribusi nyata pada tingkat nasional," tuturnya.

Perlu tekankan disini, Jimmy menjelaskan, bahwa pada RKPD 2018 akan melaksanakan RPJMD tahun yang kedua pemerintahannya. Oleh sebab itu, program dan kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya harus mampu memperkuat hasil pembangunan di tahun sebelumnya. Dan hasilnya menjadi landasan yang kuat ke arah pencapaian visi dan misi 5 tahun pemerintahan ke depan.

"Dapat dikatakan, RKPD 2018 ini merupakan tahap konsolidasi akhir dan penajaman program serta kegiatan untuk kesuksesan RPJMD. Sehingga harus dioptimalkan penyusunan dan pelaksanaannya," tambahnya.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon, Ervinz DH Liuw mengatakan, maksud dari penyelenggaraan Musrenbang RKPD adalah pelaksanaan salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD. Sedangkan tujuannya sebagai forum antar pemangku kepentingan untuk membahas rancangan RKPD. Adapun sasarannya, yaitu menyempurnakan dokumen rancangan RKPD sehingga menjadi dasar perumusan rancangan akhir RKPD Kota Tomohon 2018.

Hadir juga dalam acara ini Ketua DPRD Kota Tomohon, Miky Junita Linda Wenur, Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak SIK, Dandim 1302 Minahasa, Letkol Infantri Juberth Nixon Purnama, Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang.

Tampil sebagai narasumber Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Provinsi Sulut, Elvira M Katuuk. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial