beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Tomohon Bakal Miliki RSUD

Rp 35 M, untuk Pembangunan RSUD

Donny Turang 18 August 2016, 06:42


TOMOHON, beritanusantara.co.id - Asisten Bidang Administrasi Pembangunan dan Ekonomi Setdakot, Ronny Lumowa mengungkapkan, apabila pemerintah pusat telah menyetujui pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Kota Tomohon. RSUD ini akan dibangun di lahan yang telah disiapkan Pemerintah Kota Tomohon di bilangan Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan.

"Anggaran pembangunan RSUD ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016 dengan total Rp 72 miliar. Di mana Rp 32 miliar adalah untuk pembangunan RSUD dan Alat Kesehatan (Alkes) di dalamnya. Sisanya Rp 37 miliar adalah untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan" ungkap mantan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Dinkop & UMKM) Kota Tomohon ini kepada wartawan.

DAK Kesehatan untuk pembangunan RSUD ini, Ronny menjelaskan, sudah ditata dalam Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) 2016. Namun, dananya baru turun sekarang.

Kota Tomohon, menurut Ronny, dalam penilaian pemerintah pusat sangat siap untuk pembangunan RSUD. Inilah yang menjadi salah satu alasan pemerintah pusat mengucurkan DAK Kesehatan itu.

"Lahan untuk pembangunan RSUD sudah siap. Bahkan pak Wali(kota) sudah meninjau lokasi.Bagaimana rekrutmen kaaryawan dan tenaga medis di dalamnya, sudah dipikirkan dan dibahas," kata mantan Camat Kawangkoan Kabupaten Minahasa ini.

Pelaksanaan pembangunan konstruksi RSUD, Ronny melanjutkan, akan dilakukan tahun 2016 ini. Saat ini, tinggal menunggu Petunjuk Teknis (Juknis).

"Tendernya di pusat. Kemungkinan yang akan mengerjakan konstruksi dari luar daerah," ujarnya.

Pembangunan RSUD di Kota Tomohon, Ronny melanjutkan, merupakan kebutuhan dasar pelayanan kesehatan yang wajib disiapkan pemerintah.

Diketahui di Kota Tomohon saat ini ada dua Rumah Sakit swasta. Masing-masing RSU GMIM Bethesda dan RSU Katolik Gunung Maria.

"Kami yakin, RS swasta dan pemerintah akan saling menopang. Kalau pun ada persaingan akan mengarah pada hal yang positif yakni berupa peningkatan pelayanan terbaik bagi masyarakat. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial