beritanusantara.co.id   »  

Pengawasan Anggaran, Pemerintah Terapkan IT

Donny Turang 19 August 2016, 01:12


TOMOHON, beritanusantara.co.id - Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan menyatakan sesuai arahan Presiden RI, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dan percepatan pembangunan nasional, maka kepala daerah dimintakan melakukan langkah-langkah percepatan penyerapan dan realisasi. Presiden pula menegaskan akan ada punishment and reward atas kinerja penyerapan pemerintah daerah yang baik dan buruk.

Memaksimalkan evaluasi dan penyerapan anggaran, menurut Syerly,

Demikian halnya, pemerintah provinsi sulawesi utara dalam upaya mengembangkan aplikasi pelaporan EPPA yaitu GREES (government reporting and evaluation system) sebagai suatu sistem informasi berbasis web, yang menggabungkan dan menyelaraskan semua data pada lingkungan pemerintah. Hal ini dalam kaitannya dengan laporan yang harus dipersiapkan untuk tim evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran (TEPPA) yang telah direaktivasi menjadi tim evaluasi dan pengawasan realisasi anggaran (TEPRA).

Hal ini dikemukakan Syerly pada Rapat Koordinasi (Rakor) dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2016 di Kantor Inspektorat Tomohon.

"Tujuan Rakorev dan Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA) APBD Kota Tomohon Tahun Anggaran 2016 hari ini adalah juga dalam rangka integrasi pelaporan Kota Tomohon dari SKPD-SKPD untuk menyajikan data laporan akurat dan real time serta validasinya terjamin. Pemahaman kita akan pentingnya pelaporan data realisasi fisik dan keuangan serta penyiapan data merupakan sasaran utama," kata Syerly.

Pengendalian percepatan penyerapan belanja daerah dan koordinasi langkah-langkah strategis didalamnya, Syerly menjelaskan, dipantau langsung Presiden RI melalui sekretariat negara dengan aplikasi Sismontep (sistem monitoring informasi tepra). (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial