beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Pemkot Terapkan IT, Perangkat Kelurahan Diminta Belajar Komputer

Agustus 2017, launching kantor pelayanan publik Kota Tomohon

Donny Turang 5 April 2017, 12:36


DIALOG - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon, Rabu 05 April 2017, melakukan dialog dengan para camat, lurah dan perangkat kelurahan se-Kota Tomohon di aula rumah dinas walikota. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman mengatakan unsur perangkat kelurahan merupakan ujung tombak pemerintahan. Untuk itu diharapkan tetap terus meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat. Apalagi, pelaksanaan sistem pemerintahan saat ini akan dibarengi dengan pelaksanaan melalui sistem aplikasi komputer, atau secara elektronik.

"Perangkat kelurahan diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Artinya harus terus belajar mengenai pengenalan komputer. Karena hal ini akan menunjang kinerja perangkat yang nantinya pengurusan administrasi di kelurahan akan dilakukan melalui aplikasi komputer," katanya pada Dialog Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tomohon dengan para camat, lurah dan perangkat kelurahan se-Kota Tomohon di aula rumah dinas walikota, Rabu 05 April 2017.

Dalam meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, menurut Jimmy, Pemerintah Kota Tomohon sementara merampungkan pembangunan gedung kantor pelayanan publik yang waktu lalu sebagai kantor walikota.

"Dibangunnya kantor pelayanan publik ini dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelayanan kepada masyarakat. Pembangunan ini juga merupakan salah satu dari kelanjutan atau realisasi dari Program EMAS Pemerintah Kota Tomohon, yaitu Merubah Wajah Kota diantaranya perubahan dari Kantor Walikota menjadi Kantor Pelayanan Publik," kata Jimmy yang didampingi Wakil Walikota Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan.

Melengkapi pelayanan kepada masyarakat, Jimmy melanjutkan, nantinya akan disiapkan beberapa bus untuk transportasi masyarakat menjangkau kantor pelayanan publik. "Bus akan beroperasi mulai jam 8 pagi sampai jam 2 sore," ujarnya, seraya menambahkan launching kantor pelayanan publik rencananya dilaksanakan pada Agustus 2017 mendatang.

Melengkapi semua itu, Jimmy menuturkan, Pemerintah Kota Tomohon melalui instansi terkait akan menempatkan CCTV disetiap kelurahan dan pintu masuk Kota Tomohon. Dengan hatapan segala aktivitas di kelurahan dan di pintu masuk kota akan terpantau. Sedangkan mengenai kepariwisataan, Jimmy mengaku, di Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur akan dibangun taman bunga.

Ktua Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Julien Mamahit SH MH mengharapkan kepada perangkat dan seluruh masyarakat untuk tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Mewakili Dandim 1302/Minahasa, Kasdim Mayor (CPL) Franky Kallo berharap, para perangkat bersama masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban. "Kalau ada masalah dilingkungan dapat berkoordinasi dengan Babinsa di kelurahan," sarannya.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang menjelaskan tentang hoax atau berita palsu "kita sebagai masyarakat harus dapat membedakan berita yang benar dan berita palsu. Hendaknya kita jangan membuat suatu berita yang tidak benar terlebih di medsos yang nantinya meresahkan masyarakat/para pembaca," anjurnya. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial