beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Buka Rakor, Wawali: LPPD Dasar EPPD

Donny Turang 27 February 2017, 11:23


TOMOHON, beritanusantara.co.id - Untuk terwujudnya pelaksanaan otonomi daerah sejalan dengan upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab serta mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Kepala Daerah mempunyai kewajiban memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) kepada pemerintah, Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepada DPRD dan Informasi LPPD kepada masyarakat.

Demikian dikemukakan Wakil Walikota (Wawali) Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan saat membuka Rapat Koordinasi LPPD Kota Tomohon di aula lantai III Kantor Walikota Tomohon, Senin 27 Februari 2017.

Informasi LPPD, Syerly mengatakan, dimaksudkan untuk digunakan pemerintah sebagai dasar melakukan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD). Dan sebagai bahan pembinaan lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundang undangan.

"LPPD merupakan salah satu bahan evaluasi untuk keperluan pembinaan terhadap pemerintah daerah," tuturnya.

Kepada semua pesertaz Syerly mengharapkan, agar mengikuti rapat koordinasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga dapat memahami dan mengerti pentingnya LPPD yang juga merupakan indikator guna memperoleh penilaian predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setdakot Tomohon, Syske Wongkar menjelaskan maksud dan tujuan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan LPPD Kota Tomohon untuk memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang pentingnya LPPD.

"Komitmen Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan keakuratan data yang diminta dalam pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK) LPPD sangat penting," ujarnya.

Tampil sebagai narasumber Rakor ini, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Evaluasi Kinerja dan Pengembangan Kapasitas Daerah Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut), Danni Tamara, Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang, Asisten Bidang Perekonomian Setdakot, Ronni Lumowa dan Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakot, Novi Politon. Peserta adalah para Kepala SKPD bersama penyusun/pengelola LPPD tiap SKPD. (monica)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial