beritanusantara.co.id   »   Olahraga

Liliyana Natsir, Juara Olimpiade yang cuma Lulus SD

Donny Turang 18 August 2016, 14:19


MANADO, beritanusantara.co.id - Ada yang menarik dari kisah hidup peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Liliyana Natsir. Ternyata, pasangan pebulutangkis ganda campuran,Tontowi Ahmad ini hanya lulus Sekolah Dasar (SD).

"Iya, Liliyana hanya lulus SD. Dia sekolah di SD Eben Heazer 2 Manado. Tekadnya kuat untuk menekuni olahraga dibandingkan sekolah ,atau pendidikan," kata ayahnya, Benno Natsir, saat ditemui VIVA.co.id di rumahnya di Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea, Manado, Kamis 18 Agustus 2016 .

Ko Lily, sapaan akrabnya, mengatakan Liliyana tidak mau melanjutkan studi ke jenjang SMP, SMA hingga perguruan tinggi. "Saya katakan sama Liliyana, kamu sekolah sambil main bulutangkis, tapi dia tidak mau. Dia hanya ingin latihan dan ikut kejuaraan bulutangkis saja," ujarnya.

Usai lulus SD, lanjut lelaki asal Makassar ini, Liliyana melanjutkan kariernya ke Jakarta. "Waktu main di Manado sempat berlatih di klub PB Pisok milik Spego Goni. Kemudian ke Jakarta, masuk klub Bimantara Tangkas dan sekarang PB Djarum Jakarta," ujar Benno lagi.

Sang ayah mengaku bangga dengan perjuangan Liliyana, karena fokus untuk bulutangkis. "Pacaran saja dia tidak punya waktu. Dia memang fokus untuk mencapai prestasi. Semua kejuaraan di Sulut dia rajai. Tak ada yang bisa mengalahkannya. Porsi latihan pun dia tambah sendiri," ujar suami dari Olly Maramis itu.

"Jujur, saya sangat bangga dengan prestasi anak saya, hingga bisa juara Olimpiade. Dia pantas meraih itu, karena ganjaran dia tekun dan disiplin, serta fokus pada bulu tangkis. Jadi, sangat pantas emas diraih bersama Tontowi Ahmad,” lanjutnya.

Liliyana anak kedua dari pasangan Benno Natsir dan Olly Maramis. Dia lahir di Pakowa, Manado, kemudian pindah ke alamat sekarang di Teling Atas. Kakaknya, Calista memilih sekolah dibandingkan olahraga hingga menjadi dokter.

Darah olahraga mengalir pada Lilyana Natsir dari orangtua. Benno hobi basket sedangkan ibunya Olly memang gemar bulutangkis.

Sumber: VIVA.co.id



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial