beritanusantara.co.id   »   Nasional

Kanonang 2 Juara Lomba Desa Nasional

Donny Turang 18 August 2016, 04:49


JAKARTA, beritanusantara.co.id - Berbekal sukses menghantarkan Desa Kanonang Dua, Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa, memenangkan lomba desa antar Pulau Kalimantan dan Sulawesi, 'Kuntua' Welly Rawung sukses membawa desanya pula mencapai peringkat teratas secara nasional.

Kerennya lagi, Kanonang dua mampu menyisikan wakil-wakil dari tiga wilayah (Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara-Maluku-Papua). Jadilah Desa Kanonang Dua yang terletak di kaki 'Bukit Kasih' (destinasi wisata religius terbesar di Indonesia, Red) ini mendapat nilai tertinggi di antara ribuan desa se-Nusantara.

Welly Rawis pun diakui punya gaya kepemimpinan yang sangat mumpuni untuk mengelola berbagai kegiatan dan organisasi desa, menggerakkan kebersamaan serta semangat 'mapalus' (gotong royong khas Minahasa, Red), juga menjadi desa dengan kontribusi pembangunan terbaik.

"Puji TUHAN, berkat dukungan dan kebersamaan seluruh warga desa, Kanonang Dua mampu berprestasi secara nasional," kata Welly Rawis, di Jakarta, Senin 15 Agustus 2016, usai menerima plaket penghargaan Pemerintah RI yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Sontak seluruh warga asal atau keturunan Orang Kanonang di Jakarta, Banten dan Jawa Barat pun menggelar acara syukuran.

"Memenangkan Lomba Desa Tingkat Nasional bukan sebuah prestasi biasa-biasa. Ini berkat luar biasa. Dan karenanya, kami mengucapkan banyak selamat kepada Kuntua, para Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta seluruh Warga Masyarakat Kanonang Dua, juga desa Kanonang lainnya atas pencapaian yang dahsyat dan luar biasa ini. Dan mari jo torang sama-sama bersyukur kepada TUHAN YESUS yang mengijinkan Kanonang Dua jadi Juara Nasional," kata Ketua Kerukunan Keluarga Mapalus Kanonang (Kumanonang) se-Jabodetabek-Banten-Jabar, Mayor Steven Kimbal.

Disebutnya, Kanonang Dua bersama-sama seluruh warga Kanonang Raya (mencakup seluruh desa Kanonang Satu hingga Kanonang Empat) benar-benar hebat. "Tentunya juga ikut terangkat nama kecamatan Kawangkoan Barat yang hebat, dan pastinya juga Minahasa hebat serta Sulut Hebat," tambah Steven yang juga Koordinator Departemen Seni-Budaya-Pariwisata DPP Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP) ini.

Syukuran berupa ramah tamah pun digelar warga Kumanonang se-Jabodetabek-Banten-Jabar, kemarin. Ada ucapan salam bahagia dan doa, kiranya TUHAN YESUS akan terus memberikan limpahan berkat-NYA bagi seluruh warga, juga dalam kiprah para pemimpin desa ke depan.

Sumber: www.benderanes.com



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial