beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Sangihe, Talaud, Siau Tagulandang Biao

TMMD Kodim, Selain Bangun Jalan Juga Bedah Rumah

Donny Turang 12 April 2017, 04:53


TAHUNA, beritanusantara.co.id - TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke-98 Kodim 1301/SaTal tidak hanya terfokus membuka akses jalan. Tapi juga melakukan bedah rumah, sebagai bagian dukungan terhadap program pemerintah.

Hal ini dikatakan, Lurah Santiago, Irwanto Pokarila. Dijelaskannya, rumah tidak layak huni merupakan program pusat melaui Dinas Perumahan Pemukiman (Dinperkim). Namun, melalui TMMD di Kelurahan Santiago, 10 rumah warga dikerjakan secara swadaya prajurit TNI (Tentara Nasional Indonesia) bersama masyarakat. Di mana pembangunan setiap rumah dengan ukuran 5 x 7 dan 6 x 6, dikerjakan 4 personil tentara dengan target waktu sebulan. "Bedah rumah ini diperuntukkan bagi warga lanjut usia dan tidak mampu,” jelasnya.

Selain bedah rumah, Irwanto mengatakan, masyarakat juga mendapat pembekalan dan penguatan lewat sosialisasi paham radikalisme dan antisipasi

teroris.

Hal sederhana dan mudah dipahami yang disosialisasikan Kodim SaTal dan Polres Sangihe, diantaranya soal kehadiran orang asing yang perlu ditanyakan tentang identitas, tempat tinggal serta tujuan kehadiran bersangkutan.

Warga mengakui, sosialisasi turut

memberi manfaat dalam menambah wawasan pengetahuan serta memberikan

rasa kedekatan masyarkat dan tentara.

"Sosialsiasi seperti ini juga

lebih mendekatkan kami dengan TNI. Kami berharap kegiatan

seperti ini terus dilakukan,” kata Ferry, salah satu warga yang mengikuti sosialisasi dan TMMD. (tentinus sakendatu)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial