beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Gubernur BI Bakal Resmikan Perpustakaan Babe Palar di Rurukan

Donny Turang 2 April 2017, 06:36


PERPUSTAKAAN - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara, Soekowardojo saat berdialog dengan Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang terkait rencana peresmian Perpustakaan Babe Palar di Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur, Sabtu 01 April 2017. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara, Soekowardojo mengungkapkan peresmian Perpustakaan Babe Palar akan dihadiri Gubernur BI, Agus Martowardojo.

"Tujuan kunjungan kami adalah untuk berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kota Tomohon kaitannya dengan jadwal agenda peresmian Perpustakaan Babe Palar", kata Soekowardojo di Perpustakaan Babe Palar Kelurahan Rurukan Kecamatan Tomohon Timur, Sabtu 01 April 2017.

Kunjungan Soekowardojo dan rombongan ini diterima Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang, didampingi Asisten Administrasi Umum Setdakot Tomohon, Novi Politon, Kepala Dinas kearsipan dan perpustakaan Kota Tomohon, Ventje Karundeng, Kepala Bagian Umum Setdakot, Josias Makalew, Kepala Bagian Perekonomian Seteakot, Harny Korompis, Camat Tomohon Timur, Trisye Polii dan Lurah Rurukan, Petrus Berty Apouw.

Peresmian Perpustakaan Babe Palar, menurut Soekowardojo, direncanakan akan digelar tahun ini, akan dihadiri Gubernur BI, Agus Martowardojo, dan bersama panitia akan mengundang unsur Pemerintah Provinsi Sulut.

"Peresmian nanti, kami (BI) bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon akan memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan agenda tersebut," jelasnya.

BI, Soekowardojo melanjutkan, siap membantu melengkapi berbagai fasilitas perpustakaan baik kondisi pembangunannya maupun ketersediaan buku perpustakaan. "Kami akan membantu melengkapi buku-buku yang ada di perpustakaan ini terlebih buku kurikulum yang masih kurang, agar keperluan masyarakat terlebih para siswa dapat terpenuhi," terangnya.

Selain perpustakaan, Soekowardojo menuturkan, pihaknya juga berkeinginan membantu program pemberdayaan wanita, ketahanan pangan dan pendidikan di Kelurahan Rurukan. "Kami berkeinginan untuk membantunya," ucapnya.

Setelah meninjau gedung perpustakaan, Soekowardojo dan rombongan bersama unsur Pemerintah Kota Tomohon meninjau sekolah yang sudah berdiri dari jaman Belanda, SD GMIM Rurukan. Sekolah ini merupakan tempat dari Pahlawan Nasional Babe Palar memperoleh pendidikan ketika itu.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang mengaku menyambut baik kunjungan ini. "Tentunya kami mengapresiasi berbagai dukungan dari BI yang selalu bersinergi bersama Pemerintah Kota Tomohon dalam menyukseskan berbagai program yang ada. Semoga hubungan baik yang telah terbangun akan tetap terus terbina," ujarnya.

Diketahui peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan Lambertus Nicodemus Palar atau yang lebih dikenal Babe Palar pada 11 Agustus 2014 lalu, turut dihadiri Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo, Olly Dondokambey selaku anggota DPR RI waktu itu bersama Sinyo Harry Sarundajang saat itu Gubernur Sulawesi Utara bersama Pemerintah Tomohon. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial