beritanusantara.co.id   »   Nasional

5 Kerjasama Ditandatangani, Presiden: Perancis Mitra Strategis Indonesia di Bidang Ekonomi

Donny Turang 29 March 2017, 08:03


Presiden Jokowi dan Presiden Perancis Francois Hollande menyaksikan penandatangan kerjasama kedua negara, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017 siang. (Foto: Agung/Humas)

JAKARTA, beritanusantara.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Perancis Francois Hollande, yang dalam kunjungannya ke Indonesia kali ini membawa sekitar 40 delegasi bisnis. Ia menyebutkan, Perancis merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

�Indonesia-Perancis juga akan meningkatkan kerjasama kemitraan dalam dua bidang yang baru yaitu kerjasama di bidang maritim dan ekonomi kreatif,� kata Presiden Jokowi dalam sambutannya saat mengawali pertemuan antara delegasi Pemerintah Republik Indonesia (RI) dengan delegasi Pemerintah Perancis yang langsung dipimpin oleh Presiden Francois Hollande, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017 siang.

Selain kemitraan bilateral, lanjut Presiden, pemerintah kedua negara juga menjadi mitra yang baik dalam berbagai isu di dunia, antara lain perdamaian di Palestina dan kerjasama melawan terorisme.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyampaikan harapan agar kemitraan Indonesia-Perancis dapat dilanjutkan di masa yang akan datang.

Kerjasama

Usai pertemuan bilateral delegasi kedua negara, dilakukan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman antara Indonesia-Perancis. Pertama, penandatanganan perjanjian pernyataan kehendak tentang peningkatan kerjasama pertahanan antara Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dengan Menteri Pertahanan Perancis, Jean-Yves Le Drian.

Kedua, perjanjian kerja sama di bidang pembangunan perkotaan berkelanjutan antara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono, dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Ketiga, persetujuan kerjasama riset ilmiah teknologi dan inovasi antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Keempat, perjanjian pengaturan kemitraan Perancis- Indonesia Nusantara antara antara Menteri Ristek Dikti Indonesia, Muhammad Nasir dengan dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Terakhir, memorandum saling pengertian tentang kerjasama bidang pariwisata, antara Menteri Pariwisata, Arif Yahya dengan Menteri Industri, Digitalisasi dan Inovasi Perancis, Christophe Sirugue.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Jokowi dan Presiden Perancis, Francois Hollande.

Pasukan Berkuda

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kenegaraan Presiden Perancis Francois Hollande, di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017 siang. Kunjungan ini merupakan momen bersejarah karena sudah lebih dari 30 tahun tidak ada kunjungan Presiden Perancis ke Indonesia.

Berdasarkan pantauan, Presiden Hollande dan rombongan tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 10:45 WIB. Saat memasuki Istana Merdeka, pasukan marching band Paspampres, pasukan berkuda, dan pasukan pakaian adat mengawal mobil yang membawa Presiden Hollande. Anak-anak dengan pakaian adat juga berjajar melambaikan bendera untuk menyambut kedatangan Presiden Hollande.

Di halaman Istana Merdeka, Presiden Jokowi menyambut langsung kedatangan Presiden Perancis Francois Hollande. Selanjutnya kedua pemimpin negara menuju halaman Istana Merdeka untuk mengikuti upacara penyambutan kenegaraan, dan memeriksa pasukan kehormatan.

Usai mengikuti upacara penyambutan kenegaraan, Presiden Jokowi dan Presiden Hollande melakukan foto bersama, kemudian berjalan menuju beranda belakang Istana Merdeka untuk berbincang-bincang (veranda talk).

Usai veranda talk, akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepahaman, dan penyataan pers bersama. Pertemuan ditutup dengan jamuan makan siang kenegaraan.

Mendampingi Presiden Jokowi saat menerima kunjungan kenegaraan Presiden Perancis itu antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Seskab Pramono Anung, Menter PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (bentara)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial