beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Mei 2017, RKPD 2018 Kota Tomohon Diajukan ke Provinsi

Donny Turang 15 March 2017, 05:06


RKPD - Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon, Ervinz DH Liuw bersama unsur terkait saat mengkonsultasikan RKPD 2018 Kota Tomohon kepada Walikota Tomohon. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon, Ervinz DH Liuw mengingat Pemerintah Kota Tomohon telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kelurahan, kecamatan serta konsultasi publik dan saat ini konsultasi dengan pimpinan daerah. Sehingga kedepan akan masuk dalam tahap penyiapan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Tomohon 2018, yang rencananya akan dimasukan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pada akhir Mei 2017 nanti.

"Rabu 15 Maret 2017 akan dilaksanakan Forum Perangkat Daerah (FPD)," kata Ervinz, saat bersama unsur terkait melakukan konsultasi dengan Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, Selasa 14 Maret 2017.

Rencana awal atau draf program prioritas daerah dan rencana aksi 2018 secara nasional, Ervinz mengatakan bertemakan memacu investasi dan infrastruktur pertumbuhan dan pemerataan. Sedangkan tema Pemerintah Kota Tomohon, adalah peningkatan infrastruktur, iklim investasi, sumber daya dan kualitas lingkungan hidup.

Program prioritas daerah dan rencana aksi 2018, Ervinz memaparkan, tentunya dikemas dalam program EMAS (e - government, merubah wajah kota, akselerasi pembangunan, smart city service), dan meliputi 7 prioritas yakni kemandirian ekonomi dan daya saing, penanggulangan kemiskinan, pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup, penanggulangan bencana dan penataan ruang, pariwisata dan budaya, pengembangan infrastruktur, kualitas birokrat dan tata kerja, serta kualitas sumber daya manusia.

"Program prioritas ini telah melalui berbagai tahapan dan pokok pikiran para pimpinan dan anggota DPRD Kota Tomohon," jelasnya.

Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengatakan pelaksanaan pembangunan di Kota Tomohon pada tahun 2018 tetap mengacu pada visi misi termasuk ketujuh program prioritas yang ada. Untuk prioritas pembangunan daerah tahun 2018 akan meyesuaikan dengan hasil e-Musrenbang yang telah dilaksanakan. Kaitannya dengan infrastruktur jalan, secara keseluruhan kondisinya cukup baik tetapi kelanjutan pembangunannya tetap dilaksanakan dalam rangka peningkatan pembangunan dalam berbagai aspek seperti pertanian yang tentunya berdampak pada perkembangan perekonomian di Kota Tomohon.

"Program pembangunan yang sementara berjalan tahun ini tentunya akan menjadi prioritas kedepan sekaligus dilaksanakan dan dilanjutkan di tahun depan," tuturnya.

Berbagai fasilitas olahraga dan pariwisata, tetap dibahas. Di manakedepan akan ditingkatkan seperti contoh merehab fasilitas Stadion Parasamya Walian serta sarana dan prasarana tempat wisata di Kota Tomohon, sehingga dapat mewujudkan Kota Tomohon sebagai Kota destinasi wisata/Kota pariwisata dunia.

Kaitannya dengan pelaksanaan program prioritas daerah tahun 2018, saat ini pun pemerintah Kota Tomohon telah mengajukan, mengusulkan program kegiatan ke beberapa kementerian yang telah diinput melalui e-Musrenbang untuk memperoleh alokasi dana pusat melalui DAK. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial