PILEG 2014 Di Kab.Pasuruan 90 % Di Warnai Kecurangan

pne

BeritaNusantara.co.id, Pasuruan – Ketua Panwaslu (Panitia pengawas Pemilu ) Kabupaten Pasuruan, Suryono Pane menegaskan dihadapan awak media,bahwa 12 ketua dan seorang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diduga menerima suap dari caleg Partai Gerindra Agustina Amprawati,  telah diperiksa secara maraton oleh Panwaslu Kabupaten Pasuruan,masih menurutnya bahwa pelaksanaan pemilu calon legeslatif di kabupaten Pasuruan di nilai 90 % terindikasi  di warnai  kecurangan .
Hal itu di tandai dengan  membludaknya pengaduan kecurangan pemilu setelah salah satu caleg dari partai Gerinda yang telah mengakui bahwa dirinya telah melakukan penyuapan pada 12 ketua dan seorang anggota panitia pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah menerima uang suap darinya (Agustina Amprawati).
“Sembilan puluh persen telah terjadi kecurangan dalam Pileg 2014 di kabupaten Pasuruan” tegasnya pada awak media . Ada empat hal yang tergolong kecurangan pemilu diantaranya ,Penyuapan ,Gratifikasi,Money Politic dan Penipuan ,keempat hal tersebut diindikasi telah terjadi di pileg kali ini ,untuk itu Panwaslu saat ini bekerja keras untuk mengusutnya dan akan melimpahkan kasus yang berkaitan dengan hal ini kepada pihak yang berwajib. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, belasan PPK tersebut mengaku memang menerima dana jutaan rupiah dari Agustina. Bahkan beberapa diantaranya sudah menyerahkan uangnya senilai total Rp. 30 juta.
Pantauan wartawan fn di lapangan, pemeriksaan dilakukan sejak pukul 07.00 WIB, Senin (21/4/2014) pagi hingga malam hari ini. Mereka tampak kelelahan dan kebanyakan tiduran sambil menunggu giliran untuk diperiksa. Dalam klarifikasi tersebut, mereka rata-rata mengaku menerima uang dari Agustina untuk mengamankan suara dan tidak ada perjanjian apapun seperti yang dituduhkan. Namun beberapa diantaranya mengaku memang menandatangi kwitansi pembayaran.
“Kami hanya tanda tangan di kertas kosong, tidak ada itu tulisan perjanjian,” ujar Sujarwanto, Ketua PPK Bangil, di ruang penyidik Panwaslu Kabupaten Pasuruan.
Ketua PPK Beji, Budiharja justru mengaku sadar dan tahu jika menerima uang dari caleg merupakan pelanggaran dan bisa dipidana. Namun demikian, Budi tak mau mengungkapkan siapa yang memprakarsai tindakan tersebut.
“Mereka bisa dijerat 4 pasal sekaligus, melanggar kode etik, melanggar Pasal 309 UURI/8/2012 dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan,” ujar Ketua Panwaslu Suryono Pane.
Agustina Amprawati, caleg Partai Gerindra yang mengaku menyuap 13 PPK terancam dijerat pasal gratifikasi. Apa tanggapan Agustina?
“Saya siap dengan resiko apapun. Tapi di sini saya kan ditipu, dibohongi. Saya adalah korban,” katanya
Agustina yang didampingi tim advokasi, Ayi Suhaya, kembali menyatakan bahwa ia sebelumnya tidak pernah berniat membuat perjanjian dengan PPK. Namun karena diberi angin surga, ia tergoda.
“Sebagai orang yang ingin menjadi anggota legislatif saya diberi angin surga. Siapa yang tidak mau?” tuturnya.
Ia menyatakan bahwa sebelum melapor ia sudah menyadari semua resiko yang bakal ia tanggung. Sekali lagi ia mengaskan, ia melapor karena merasa jadi korban penipuan.
Sebelumnya, Agustina sudah menjalani pemeriksaan di Panwaslu Kabupaten Pasuruan. Agustina terancam dijerat pasal pasal 12 ayat 2 UU/31/1999 jo UU/20/2001 tentang gratifikasi.
“Bisa saja (Agustina) dijerat pasal penyuapan. Namun saat ini pihaknya masih berkonsentrasi menindaklanjuti laporan pelapor,” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Pasuruan, Suryono Pane, Mi.
Menurut keterangan pelapor, kata Suryono, deal pemberian tambahan sebanyak 5.000 suara dengan kompensasi uang Rp 116 juta dan satu motor Mega Pro merupakan inisiatif pihak PPK.
“Bila terbukti para Ketua PPK ini melanggar kode etik dan pasal 378 KUHP tentang penipuan, maka pelapor tidak bisa dijerat karena merupakan korban,” jelas Suryono.
Meski demikian pihaknya menjamin akan memproses kasus ini sampai tuntas dan transparan namun tetap berpegang pada asas praduga tak bersalah.(AN/Rd) bersambung

0 comments

Add your comment

Nickname:
E-mail:
Website:
Comment:

Other articlesgo to homepage

Cara Untuk Menyembuhkan Patah Hati

Cara Untuk Menyembuhkan Patah Hati(0)

BeritaNusantara.co.id – Saat hubungan yang sudah lama terjalin tiba-tiba berakhir, sudah pasti rasa sedih dan patah hati mendera. Menjalani hubungan dengan seseorang dalam waktu lama, memang tak selalu menjamin hubungan akan berujung pernikahan. Karena pada akhirnya, akan selalu ada alasan mengapa Anda dan dia tak benar-benar bisa bersama. Dilansir All Woman Stalk, berikut lima cara ampuh yang harus

Menikmati Tanjakan Cinta Gunung Semeru

Menikmati Tanjakan Cinta Gunung Semeru(0)

BeritaNusantara.co.id – Salah satu tempat asyik di Gunung Semeru adalah Tanjakan Cinta. Ada mitos putus cinta kalau menoleh ke belakang saat mendakinya. Ayo kesana saat liburan panjang dan nikmati pemandangan indah Danau Ranu Kumbolo. Untuk menuju Puncak Mahaheru diperlukan waktu 3-4 jam. Kita melewati bukit pasir yang sangat curam dan mudah merosot. Sebagai panduan perjalanan, di

Windows XP Masih Menjadi OS Terpopuler Kedua setelah Windows 7

Windows XP Masih Menjadi OS Terpopuler Kedua setelah Windows 7(0)

BeritaNusantara.co.id – Bulan April kemarin menjadi waktu yang krusial bagi para pengguna Windows XP. Microsoft telah secara resmi menghentikan dukungan pada sistem operasi itu. Jadi, para pengguna Windows XP pun tak bisa memperoleh update secara berkala dari pihak Microsoft yang bisa dipakai untuk meningkatkan keamanan dari komputer. Dan dengan kondisi tersebut, para pengguna Windows XP

Walikota dan Wawali Kota Mojokerto Laporkan SPT Tahunan

Walikota dan Wawali Kota Mojokerto Laporkan SPT Tahunan(0)

BeritaNusantara.co.id, Mojokerto – Tindakan yang dilakukan pejabat yang satu ini, patut mendapat pujian. Dengan kesaran tinggi sebagai pejabat Negara taat akan pajak. Hal ini juga sebagai contoh sekaligus wanti-wanti terhadap bawahannya, agar juga taat dalam membayar pajak. Bertempat diruang kerjanya, dengan disaksikan pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto, diantaranya Raharjo, SE (kasubag umum), Eko Hery WP

MAN 2 Malang Ganti Nama Jadi MAN Kota Batu.

MAN 2 Malang Ganti Nama Jadi MAN Kota Batu.(0)

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Malang yang berada di Jalan Pattimura 25 Kota Batu, tahun ini berganti nama menjadi MAN Kota Batu. Hal tersebut mengingat, dulunya MAN 2 Malang ini berdiri disaat pemerintahan kota ini masih dalam pangkuan Kabupaten Malang. Sekolah MAN 2 Malang di Batu, Winarso mengatakan, alasan perubahan nama itu tidak lain karena

read more
banner
Konveksi Erlangga

Contacts and information

Beritanusantara.co.id
Jl. Raya Perusahaan Singosari - Malang
Staff & Redaksi
Tentang Kami

Social networks

Most popular categories

© 2014 Beritanusantara.co.id All rights reserved.