beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Manado

18 Jurnalis Dinyatakan Kompeten

UKJ AJI Angkatan 32 di Manado Selesai dengan Sukses

Donny Turang 11 September 2016, 08:10


MANADO, beritanusantara.co.id - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Sabtu - Minggu (10-11 September 2016), menggelar Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) di Kota Manado bertempat di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Malalang.

UKJ ini diikuti 18 jurnalis dari berbagai media cetak lokal, media online lokal maupun nasional.

Tampil sebagai penguji, Satrio Arismunandar, Upi Asmaradhana dan Jusuf. Ketiganya dari AJI Indonesia. " Setelah melakukan pengujian, simulasi dan pengamatan, seluruh peserta UKJ kami nyatakan kompeten," kata Satrio Arismunandar saat closing ceremony UKJ Minggu, 11 September 2016.

Kepada jurnalis peserta UKJ, Satrio mengharapkan, agar tetap profesional dan beretika dalam menjalankan tugas jurnalistik. "Berpedomanlah selalu pada Kode Etik Jurnalis (KEJ) dan Undang-Undang Pers. Jaga sikap dan perilaku. Apalagi AJI selalu mengedepankan profesionalisme dan etika," tegasnya.

Berikut 18 jurnalis yang dinyatakan kompeten dalam UKJ sesuai masing-masing jenjang. Jenjang Jurnalis Utama, Yoseph Ikanubun, Ishak Kusrant, Fransiskus Talokon, Agust Hari dan Ady Putong.

Sedangkan jenjang Jurnalis Madya, Fernando Lumowa, Rine Araro, Zulkifli Madina, Isa Asrar Yusuf, Lynvia Yinthze, Franky Salindeho, Leriando Kambey, Otnie Tamod, Ronny Buol dan Finda Muchtar.

Sementara Jurnalis Muda, yakni Eva Aruperes dan Denny Wowor.

Ketua AJI Manadi, Yoseph Ikanubun mengatakan dengan hasil UKJ Angkatan 32 2016 ini, total Jurnalis anggota AJI Manado yang telah ikut UKJ dan dinyatakan kompeten sebanyak 24 orang, dari 42 orang.

"Ke depan kami berharap AJI Indonesia dapat menggelar Training of Trainer (ToT) calon penguji UKJ di Manado. Sebab, pada jenjang Jurnalis Utama di Manado, sudah ada enam orang. Keenam Jurnalis Utama tersebut, yakni selain kami berlima, juga sudah ada satu, yakni Donny Turang yang dinyatakan kompeten pada UKJ AJI di Manado pada tahun 2013 lalu," jelasnya.

Sebelumnya Upi Asmaradhana pada penutupan UKJ menyatakan nantinya akan ada dua calon penguji UKJ dari Manado. "Namanya kami belum akan umumkan di sini. Nanti kami menyurat langsung," ujarnya. (tim bentara)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial