beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

RKPD 2018 Kota Tomohon Dimantapkan

Donny Turang 10 April 2017, 09:20


PERUMUSAN - Bapelitbangda Kota Tomohon menggelar Rapat Perumusan RKPD Kota Tomohon 2018 di salah satu hotel yang ada di bilangan Tateli Kabupaten Minahasa, 07-09 April 2017. Nampak, suasana rapat yang diikuti seluruh Perangkat Daerah. Rapat dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Tomohon. (Foto: Humas Setdakot Tomohon)

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Tomohon, Ervinz DH Liuw menjelaskan, Rapat Perumusan Rancangan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Tomohon tahun 2018 melalui aplikasi e -Planing yang digelar, Jumat 07-09 April 2017, di salah satu hotel di bilangan Tateli Kabupaten Minahasa, merupakan tahapan pematangan Rancangan RKPD Kota Tomohon Tahun 2018.

"Dalam perumusan ini tentunya ada hal-hal yang perlu diselaraskan bersama pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Secara spesifik rencana daerah termuat dalam RPJMD 2021. RKPD ini nantinya berproses dengan dibuat Perwako (Peraturan Walikota), selanjutnya di review Inspektorat dan dimasukan ke Bappeda Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara," jelasnya.

RKPD, menurut Ervinz, menjadi dasar dalam setiap APBD. (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Artinya RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan APBD.

Dalam rapat itu, Perangkat Daerah (PD) mempresentasikan segala program perumusan. Menanggapi presentasi para PD, Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengharapkan, perumusan RKPD mengedepankan sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi bersama pemerintah pusat. Program Perangkat Daerah semuanya harus disampaikan. Karena dengan dipresentasikannya program-program yang ada akan diketahui dan dalam perumusan nanti program yang penting akan dimasukan dalam perumusan rancangan RKPD.

"Pada intinya semua program unggulan dan inovasi dari Perangkat Daerah dirumuskan dalam RKPD pastinya akan berdampak pada kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon," ujarnya.

Prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon 2018, Jimmy menegaskan, secara umum tidak berbeda dengan prioritas sebelumnya. Karena Pemerintah Kota Tomohon tetap fokus pada tujuh prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) 2016 - 2021 dan program EMAS (e-government, merubah wajah kota, akselerasi pembangunan, smart city).

Tujuh prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon yakni

- kemandirian ekonomi dan daya saing,

- penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat,

- pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup,

- penanggulangan bencana dan penataan ruang,

- pariwisata dan budaya,

- pembangunan infrastruktur,

- kualitas birokrasi dan tata kelola kwalitas SDM (Sumber Daya Manusia).

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang saat membuka kegiatan mengatakan kegiatan ini merupakan penyelarasan substansi antar RPJMD Kota Tomohon 2016 - 2021 dan program prioritas pembangunan 2018 dengan usulan program kegiatan Perangkat Daerah sesuai hasil Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) melalui hasil aplikasi e-planing.

Disamping pelaksanaan rapat, melalui panitia dilakukan berbagai agenda seperti gala diner serta kegiatan kebersamaan atau keakraban jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial