Tingkatkan Mutu Pelayanan, 17 Puskesmas Akan Disiapkan Untuk Reakreditasi

SANGIHE, BNC – Sebanyak 17 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Sangihe sedang dipersiapkan untuk penilaian Reakreditasi dalam rangka mewujudkan Puskesmas yang memiliki tata kelola yang baik.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Kabupaten Sangihe, Handri Pasandaran, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (27/6).

“Tentunya program ini diperuntukan mewujudkan pelayanan yang bermutu dan memuaskan dari Puskesmas bagi masyarakat, sehingga pola lama yang belum berorientasi kepada tingkat kepuasan masyarakat, dapat didorong untuk terjadi transformasi puskesmas lebih baik lagi secara berkelanjutan,”kata Pasandaran.

Menurut Kadis Handri, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Puskesmas dapat dinilai dari proses pelayanan yang baik, transparan, muda diakses dan juga ditandai dengan makin berkurangnya keluhan.

“Dalam hal ini, kami berupayah agar Puskesmas tidak hanya dapat membantu pelayanan kesehatan perorangan saja, namun kesehatan publik dan kesehatan masyarakat,”tutur Handri

Pasandaran menjelaskan, untuk 17 Puskesmas ini, statusnya sudah terakreditasi, dan untuk tahun 2023 hingga 2024 akan di Reaktreditasi.

“Tahapan penilaian rencananya dimulai pada bulan september 2023 dan tim survei dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi (LPA) akan datang ke Sangihe untuk melalukan penilaian di tiap Puskesmas,”jelas Pasandaran.

Ditambahkannya lagi, pihak Dinkes menargetkan untuk Tahun 2024 semua puskesmas sudah terakreditasi. Jadi semaksimal mungkin akan diupayahkan pada 2023, reakreditasi ke 17 Puskesmasi ini bisa tuntas.

(allen)