Gelar UKK, Kepsek Sonya Damura Harapkan Kompetensi Siswa SMK N 1 Tahuna Teruji Selama Menimbah Ilmu

SANGIHE, BNC – Berlangsung selama dua hari sejak 4-5 April 2023, Pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri 1 Tahuna resmi dilaksanakan. Ujian kali ini diikuti oleh 154 siswa dengan 6 (enam) program keahlian, TKJ, OTKP, PKM, AKL,UPW dan BDP.

Kepala Sekolah SMK N 1 Tahuna, Sonya Damura, saat dikonfirmasi sejumlah awak media mengatakan, Agenda ujian dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara di Sangihe, Drs. Jusran Gaghansa, yang didampingi oleh Kasie PSMK/GTK Hein Matantu S.Sos, serta dihadiri Panitia UKK, wakil-wakil Kepala Sekolah, dan Ketua Program Keahlian.

“Pada intinya pelaksanaan ujian ini agar dapat mengukur kompetensi siswa kelas XII selama mereka belajar disekolah, selain menguji sendiri external dari Dunia Industri (DUDI) yang sudah melakukan MOU seperti dari instansi PDAM, KOMINFO, Cabang Dinas Pendidikan, Alfa one, BTPN, dan dari Pengusaha, termasuk Penguji Internal yaitu dari Pihak Sekolah,”kata Damura, Selasa (4/4) di Tahuna.

Lebih lanjut, Damura menjelaskan, untuk Soal Ujian Kompetensi Keahlian ini diturunkan dari Pusat dan benar benar dilaksanakan secara profesional.

“Tentu kami selaku kepala sekolah dan rekan-rekan guru berharap UKK ini dapat diikuti oleh seluruh Peserta Didik sebagai tolak ukur pencapaian penguasaan Kompetensi yang dituangkan dalam sertifikat dinyatakan Kompeten dan tidak Kompeten serta sebagai bekal rekomendasi siswa untuk mencari pekerjaan,”jelasnya

Ditambahkannya pula, upaya keras yang dilakukan pihak sekolah, tidak hanya sekedar slogan SMK BISA, SMK HEBAT, SMK SIAP KERJA, namun pembuktian diri sebagai generasi yang berkualitas dan terpakai baik untuk pembangunan hari ini dan dimasa yang akan datang.

(allen)