Polda Sulut Gelar Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023

Manado, BNC – Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, di lapangan Kantor Gubernur Sulut, Jalan 17 Agustus Kota Manado, pada Sabtu (1/7) pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto. Upacara dihadiri oleh Forkopimda Sulut atau yang mewakili, Wakil Gubernur Sulut, para pejabat TNI-Polri, pemerintah daerah dan instansi terkait, Bhayangkari, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan peserta upacara terdiri dari personel TNI-Polri, PNS Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja, Senkom, Ormas serta Pramuka. Rangkaian kegiatan upacara di antaranya ditandai dengan penghormatan kepada pataka Polda Sulut, mengheningkan cipta, pengucapan Tri Brata, penghargaan Bintang Nararya serta doa.

Sesaat usai upacara, dilanjutkan dengan penampilan tari daerah nusantara oleh personel Polda Sulut. Tarian kolosal ini dilakukan secara medley di antaranya Tari Saman, Tari Betawi, dan tarian lainnya. Kemudian ditutup dengan Tari Masamper yang juga diikuti oleh Forkopimda dan seluruh hadirin tamu undangan.

Sementara itu Kapolda Sulut mengatakan, di akhir rangkaian upacara dipersembahkan tarian kolosal untuk lebih memeriahkan suasana. “Pelaksanaannya menurut saya luar biasa. Turut mengajak para tamu undangan untuk bersama-sama melakukan tari daerah,” ujar Irjen Pol Setyo Budiyanto, usai upacara.

Dijelaskannya, para personel hanya latihan selama dua hari dan bisa dibilang dadakan. “Tapi kita lihat bersama, bisa menunjukkan kekompakan, kebersamaan, dan kegembiraan untuk kita semua,” terang Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Dirinya pun berharap, upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini bukan hanya sekadar seremonial saja. “Tapi merupakan sebuah implementasi dari seluruh personel Polda Sulut dalam melaksanakan tugas, kemudian juga bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat. Sehingga tugas-tugas yang menjadi tanggungjawab Polda Sulut bisa dilaksanakan dengan baik,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Ditambahkannya, untuk pelaksanaan upacara Hari Bhayangkara ke-77 di tingkat Mabes Polri dengan inspektur upacara Presiden RI, dilaksanakan pada Sabtu sore. “Kemudian untuk pelaksanaan upacara sore, Pejabat Utama dan personel Polda mengikuti upacara tersebut secara live streaming,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto. (nags)