TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara

    Nilai-nilai Kepahlawanan Ditanamkan pada Siswa

    Donny Turang 9 November 2016, 10:06


    TONDANO, beritanusantara.co.id - Komando Distrik Militer 1302/Minahasa, melalui Komando Rayon Militer (Koramil) dijajarannya, Rabu 09 November 2016, melaksanakan sosialisasi nilai-nilai kepahlawanan secara serentak di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di tanah Minahasa raya. Kegiatan sosialisasi ini juga guna memperingati Hari Pahlawan 10 November 2016.

    "Sosialisasi nilai-nilai kepahlawanan kepada siswa ini dilaksanakan masing-masing Koramil. Tujuan kegiatan menanamkan kepada para siswa bahwa Negara kesatuan Repoblik Indonesia (NKRI) berdiri kokoh karena perjuangan para pahlawan," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa, Letnan Kolonel (Letkol) Czi, Moh Andhy Kusuma melakui Kepala Staf Kodim 1302, Mayor (Inf) I Ketut Sudana.

    Pahlawan, menurut I Ketut, terdiri dari pahlawan pejuang kemerdekaan, pahlawan revolusi, ada juga pahlawan pendidikan. "ini semua harus diketahui para siswa," ujarnya.

    Sosialisasi di SD, I Ketut menjelaskan, dilaksanakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) di wilayah masing-masing. Di tingkat SMP dilaksanakan seluruh Komandan Rayon Militer (Danramil) dan di tingkat SMA dilaksanakan oleh Dandim dan Perwira Staf.

    "Sangat penting untuk menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mengarhai jasa-jasa pahlawan," tutur I Ketut Sudana di SMA Negeri II Tondano.

    Di daerah ini, I Ketut memaparkan kepada para siswa, banyak pahlawan. Apakah itu pahlawan pendidikan, pejuang kemerdekaan, dan juga pahlawan revolusi. Semisal Walanda Maramis, GSSJ Ratulangi, Pier Tendean, Arie Lasut dan masih banyak lagi. "Saya mengharapkan kepada adik-adik siswa sekalian untuk mengisi kemerdekaan dengan betul-betul giat belajar. Agar kelak kita bisa membangun Negara Indonesia yang kita cintai ini agar lebih maju," harapnya. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial