TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

    Pendapatan pada APBD Perubahan TA 2016, Meningkat

    Donny Turang 1 September 2016, 01:32


    TOMOHON, beritanusantara.co.id - Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman mengungkapkan apabila sektor pendapatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Tahun Anggaran (TA) 2016, terjadi peningkatan.

    Berdasarkan ringkasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan Kota Tomohon TA 2016, Jimmy memaparkan, secara umum dapat kami sampaikan sebagai berikut. Total pendapatan, setelah perubahan terjadi peningkatan sebesar 10,50 persen, dari yang dianggarkan sebelum perubahan. Dengan komponen pendapatan terdiri dari: Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat 1,11 persen, dana perimbangan meningkat 10,89 persen.

    Sedangkan untuk lain-lain pendapatan daerah yang sah mengalami peningkatan 12,05 persen.

    Total belanja setelah perubahan terjadi peningkatan sebesar 14.80 persen, dengan komponen belanja terdiri dari; belanja tidak langsung meningkat sebesar 4,99 persen, sedangkan belanja langsung mengalami peningkatan 24,34 persen, pada uraian pembiayaan daerah setelah perubahan, untuk penerimaan pembiayaan daerah atau meningkat 130,27 persen.

    Dan untuk pengeluaran pembiayaan daerah yang mengalami pengurangan sebesar 52,83 persen dari anggaran sebelum perubahan APBD 2016.

    "Dalam sistematika penyusunan anggaran suatu daerah, ada sejumlah regulasi yang ditetapkan. Aturan ini menjadi pedoman dalam upaya untuk meningkatkan akuntabilitas dalam program pemerintah, sekaligus sebagai informasi yang lebih lengkap lagi bagi pemerintah dalam pengambilan keputusan sistem anggaran belanja serta untuk mencapai transparansi yang lebih luas atas biaya pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah dalam porsi belanja yang proposional," kata Jimmy, di depan Rapat Paripurna DPRD Kota Tomohon tentang Pengajuan Ranperda APBD Perubahan TA 2016, Rabu 31 Agustus 2016.

    Tak lupa Jimmy mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak legislatif yang telah menyediakan waktu, tenaga dan pikiran dalam mengemban amanat sebagai wakil rakyat Tomohon. "Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pelaksanaan pembangunan yang ada. Namun apa yang menjadi catatan dan masukan para anggota dewan yang terhormat akan menjadi perhatian dan konsentrasi kami kedepan demi kejayaan Kota Tomohon tercinta. Termasuk pula apresiasi kami selaku walikota dan wakil walikota kepada seluruh aparat pemerintah kota yang telah bekerja siang dan malam sehingga penyusunan APBD Perubahan TA 2016 dapat diajukan dalam rapat paripuna ini," tambahnya. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial