TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

    Warga Kakaskasen I Minta Perusahaan Galian C Perbaiki Jalan

    Donny Turang 29 August 2016, 10:47


    TOMOHON, beritanusantara.co.id - Senin 29 Agustus 2016, warga Kelurahan Kakaskasen I Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon Propinsi Sulut menggelar aksi demo damai pemblokiran jalan menuju lokasi pertambangan batu di kaki Gunung Lokon. Warga menuntut agar jalan tersebut mendapat perhatian dari perusahaan galian C yang beroperasi di sana.

    "Jalan ini rusak karena sering dilalui kendaraan-kendaraan berat perusahaan galian C," kata Jemmy Daud warga setempat yang turut berdemo.

    Padahal, menurut Jemmy, sudah beribu-ribi ton hasil galian C yang dikeruk perusahaan. Namun, sama sekali tidak ada perhatian atas kondisi jalan di Kelurahan Kakaskasen I.

    Ditambahkan Bobby Sambeka, sudah selayaknya perusahaan galian C ada kepedulian atas kondisi jalan itu. Apalagi selama ini perusahaan galian C tidak pernah memberikan kontribusi kepada warga. Padahal perusahaan sesuai peraturan dan perundang-undangan wajib memberikan Coorporate Social Responsibility (CSR).

    "Mana kepedulian perusahaan kepada warga Kakaskasen I," ujarnya.

    Demo pemblokiran jalan ini mereda setelah Lurah Kakaskasen I, Agustinus Rumondor tiba di lokasi. Agustinus kemudian meminta pendemo agar segera membuka blokiran jalan

    Agustinus berjanji, pihaknya akan berkoordinasi dengan perusahaan untuk mencari jalan terbaik. Tuntutan warga agar jalan segera diperbaiki perusahaan galian C juga akan disampaikannya, bersama perwakilan warga.

    "Memang waktu lalu sudah ada kesepakatan dari sejumlah perusahan untuk memperbaikinya. Namun hingga saat ini tidak direalisasikan," ungkapnya.

    Agustinus yang hadir bersama Kapolsek Tomohon Utara, Barto Dampe, memberikan pemahaman kepada warga. Warga akhirnya bersedia membuka jalan. "Nanti akan ada pertemuan dengan pihak perusahaan bersama warga," imbau Agustinus.

    Kendati sudah membuka jalan, namun warga mengancam akan menutup kembali jalan jika dalam pertemuan tidak ada titik temu.

    Aksi pemblokiran jalan ini mendapat penjagaan dari Polres Tomohon. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial