beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Sangihe, Talaud, Siau Tagulandang Biao

Kemenhub RI Siapkan Rp 387 M, Bangun Bandara Naha dan Siau

Donny Turang 5 April 2017, 13:05


Foto: Ferdy Sinedu, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sangihe.

TAHUNA, beritanusantara.co.id - Kepala Unit Penyelenggaran Bandara (Bandar Udara) Naha, Indra Rohman mengungkapkan, tahun 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menyiapkan anggaran sebesar Rp 387 miliar untuk pembangunan Bandara Naha Kabupaten Sangihe dan Bandara Siau Kabupaten Sitaro. Bandara Naha, akan menelan anggaran Rp 16 miliar lebih, guna pematangan sisi darat dan Rp 8,5 miliar lebih untuk perpajangan run way sepanjang 200 meter.

Hal ini terungkap pada Rapat Koordinasi (Rakor) antara Komisi B DPRD Kabupaten Sangihe dengan manajemen Bandara Naha Tahuna dan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna, Rabu 05 April 2017.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sangihe, SGB Makagansa menginformasikan, masih ada lahan yang belum bersertifikat disekitar lokasi bandara. Sehingga belum bisa dihibah ke Kementerian Perhubungan. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui bagian asset dapat menseriusinya dengan melakukan pembebasan lahan untuk kemudian dilanjutkan dengan pemberian hibah.

Ketua Komis B DPRD Kabupaten Sangihe, Ferdy Sinedu, yang memimpin Rakor sangat berharap pembangunan Bandara Naha dapat berjalan lancar. Dia berharap pihak bandara dapat mempresentasikan desain bandara kepada DPRD.

"Mengapa harus dipresentasikan ke DPRD? Agar supaya ketika ada kendala dilapangan, DPRD juga bertanggung jawab membantunya. Bukan hanya menjadi beban pihak bandara," jelasnya.

Terkait perhubungan laut, Kepala KUPP Kelas II Tahuna, A Janis mempresentasikan rencana pembangunan fasilitas pelabuhan, baik pengembangan dermaga konteiner Tahuna, maupun beberapa dermaga pelabuhan di pulau-pulau yang juga menelan anggaran ratusan miliar. (tentinus sakendatu)

REKOMENDASI



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial