beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Ini Poin-poin Agar Wisatawan Aman dan Nyaman

Donny Turang 30 March 2017, 09:30


TOMOHON, beritanusantara.co.id - Kepolisian Resort (Polres) Tomohon, Kamis 30 Maret 2017, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Keamanan Pariwisata di Wilayah Hukum Polres Tomohon Bersama Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tomohon, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), Monang Simanjuntak SIK dalam arahannya mengingatkan beberapa hal pokok untuk ditindak lanjuti guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para wisatawan maupun para pengusaha wisata dan pemandu wisata yang saling kait-mengait.

Poin-poin yang ditekankan Monang, yakni:

1. Agar dilakukan survei dan pendataaan apa yang dapat menyebabkan kerugian baik material maupun non material. 2. Membuat Standard Operational Prosedur (SOP) pencegahan terjadinya kerawanan, sebelum dibuat SOP tindakan kepolisian.

3. Koordinasikan tentang rencana pengamanan lokasi-lokasi wisata berdasarkan kerawanannya.

4. Upaya atau tindakan-tindakan pencegahan terjadinya musibah dalam kepariwisataan.

5. Rencanakan pelatihan bersama melibatkan seluruh komponen untuk tindakan penyelamatan musibah di lokasi wisata.

6. Koordinasikan bersama tentang rencana kebutuhan anggaran dalam rangka meningkatkan keamanan, kenyamanan di lokasi wisata.

Sebelumnya Dinpar Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa serta pemerintah kecamatan yang ada di wilayah hukum Polres Tomohon, memaparkan tentang objek wisata di wilayah masing-masing, tantangan serta permasalahannya untuk dicarikan solusi bersama. Dengan harapan keamanan dan keselamatan para wisatawan maupun masyarakat setempat lebih terjamin. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial