beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Minahasa, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, dan Minahasa Tenggara

Danau Tondano Dipenuhi Eceng Gondok, Tiga Alat Berat Ditempatkan

Donny Turang 28 March 2017, 23:59


TONDANO, beritanusantara.co.id - Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam memberantas tumbuhan Gulma atau yang dikenal Eceng Gondok ini yang suda menjamur di Danau Tondano. Kini pemkab minahasa sudah mengerahkan tiga alat Exavator Tongkang untuk mengangkat tanaman Gulma tersebut dengan menyebarkan tiga alat terapung teraebut di tiga titik yakni, Touliang Oki, Kecamatan Eris, Pintu air Toulour, Kecamatan Tondano Timur dan Paleloan Tounsaru, Kecamatan Tondano Selatan.

Hal ini dikatakan Asisten satu bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Dr. Denny Mangala, M.Si kepada BeritaNusantara.co.id saat di temui Selasa (26/03) siang.

"Pemkab minahasa telah menyebarkan tiga alat exavator tongkang untuk mengangkat eceng gondok di beberapa wilayah, yakni Touliang Oki, Eris, Tonsaru Paleloan, Tondano Selatan dan di pintu air Toulour kecamatan Tondano Timur," jelas Mangala.

Dikatakan lagi Mangala, untuk sementara alat besi terapung ini beroperasi di titik-titik yang paling banyak tunbuhan gulma tersebut, juga di daerah paling banyak masyarakat nelayan melakukan aktifitas. Misalnya untuk memelihara ikan/tambak atau jaring dan tempat mencari ikan dipesisir danau.

"Untuk sementara alat ini beroperasi di titik yang paling banyak masyarakat nelayan beraktifitas seperti di lokasi tambak/jaring dan tempat mencari ikan serta di pintu air toulour. Karena tempat tersebut paling banyak masyarakat beraktifitas," pungkasnya. Mangala juga menambakan, untuk membasmi tumbuhan Gulma (Eceng Gondok) bukan hanya peran dari Pemerintah setempat, tetapi masyarakat juga turut ambil bagian dalam membasmi tumbuhan parasit tersebut.

"Ini juga menjadi tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat minahasa untuk membasmi tumbuhan Gulma tersebut. Jangan masyarakat hanya melihat saja, karena ini menjadi tanggung jawab kita bersama" ujar Mangala.

Sementara itu beberapa masyarakat menyambut baik dengan program pemerintah dalam hal ini Pemkab Minahasa yang suda melakukan program untuk mengangkat tanaman gulma tersebut."Kami sangat berterima kasih kepada pemkab minahasa khususnya bapak Bupati JWS dan IvanSa yang suda menepati janjinya untuk membersikan dan mengangkat eceng gondok yang suda menjamur di tempat kami untuk melakukan aktifitas mencari ikan. Dan ini suatu kemajuan dari pemkab minahasa untuk mensejahterahkan masyarakat Minahasa," ungkap Bapak Buang Assa Warga Touliang Oki dan di iakan oleh Jules Kuron dan Stien Siwu Warga Ranonerut, Kecamatan Eris.

Lanjut mereka, untuk membasmi tumbuhan parasit tersebut, kita juga masyarakat mempunyai andil serta turut membantu pemerintah setempat untuk memusnakan tumbuhan tersebut.

"Ini bukan hanya pemerintah saja yang bekerja untuk membasmi Eceng Gondok, tapi masyarakat juga ikut serta dan ambil bagian untuk membasmi tumbuhan tersebut," kata Bapak Buang.(Jeffree Uno)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial