beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Sangihe, Talaud, Siau Tagulandang Biao

97 Koperasi di Sangihe Terancan Dibubarkan

Donny Turang 9 March 2017, 13:00


Foto: Pitres Kalerat, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Sangihe

SANGIHE, beritanusantara.co.id - Sekretaris Dinas Koperasi Kabupaten Sangihe, Pitres Kalerat mengungkapkan, sedikitnya 97 koperasi di Kabupaten Kepulauan Sangihe akan segera dibubarkan atau dihapuskan dari daftar lembaga koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi setempat. Alasan pembubaran karena karena koperasi-koperasi itu tidak

melaksanakan fungsi koperasi yang sebenarnya, salah satunya

tidak pernah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Apalagi, perintah untuk membubarkan koperasi didasarkan pada Instruksi Menteri Koperasi dan UKM RI.

"Pembubaran 97 koperasi tersebut langsung diinstruksikan menteri lewat surat edaran yang telah dilayangkan ke Dinas Koperasi Sangihe,� ungkap Pitres kepada beritanusantara.co.id, Kamis 09 Maret 2017.

Kendati sudah ada instruksi langsung dari menteri untuk membubarkan koperasi, namun menurut Pitres, masih ada

waktu enam bulan bagi koperasi yang masuk daftar coret melakukan perbaikkan. Termasuk Tim Dinas Koperasi Sangihe juga akan turun lapangan untuk melakukan verifikasi bila ada koperasi yang masih bisa

eksis lagi.

"Masih ada waktu sebelum dihapus," jelasnya.

Tim Dinas Koperasi yang akan turun melakukan verifikasi, Pitres menegaskan, tidak akan main-main. "Bermasalah, tentunya dibubarkan," tegasnya. (tentinus sakendatu)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial