TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

    Banjir Hantam Tomohon Selatan

    Donny Turang 19 February 2017, 08:58


    TOMOHON, beritanusantara.co.id - Hujan deras yang mengguyur Kota Tomohon dan sekitarnya pada Minggu 19 Februari 2017, membuat sebagian kawasan Kecamatan Tomohon Selatan dihantam banjir, dengan ketinggian air mencapai sekitar 50 meter. Mulai dari Kelurahan Walian hingga Sarongsong digenangi air.

    Terjadinya banjir ini, menurut sejumlah warga karena drainase yang kurang baik. "Saluran air tidak mampu menampung air. Lihat air akhirnya meluber ke jalan, bahkan masuk ke rumah-rumah warga," ungkap Nico AP.

    Banyaknya curah air yang tercurah ke kawasan perumahan dan jalan-jalan utama ini, tambah Denny WA, disebabkan, daerah resapan air di seputaran Bukit Wawo mulai menjadi perumahan. Di mana berawal dibukanya jalan-jalan pertanian yang kemudian ditingkatkan menjadi aspal hotmix.

    "Pemerintah harus mencari jalan keluar. Jika tidak, maka setiap musim penghujan pasti kawasan-kawasan tertentu di Tomohon akan banjir," ujarnya.

    Sementara Monica BW mengatakan, mengantisipasi banjir, harus ada kesadaran dari pemerintah dan masyarakat di kelurahan masing-masing. Lurah harus menggerakan aparaturnya bersama masyarakat membersihkan saluran-saluran air yang ada. "Jika saluran air tidak tersumbat, tentunya air akan berjalan lancar. Dan ini perlu kesadaran penuh masyarakat dan pemerintah setempat. Mari galakan kembali kerja bakti membersihkan saluran air dan kampanye hidup bersih tidak membuang sampah sembarangan," tutur salah satu mahasiswi ini. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial