TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

    Jalan Setapak Hingga Perbengkelan Diusulkan Lewat Musrenbang Tomohon Barat

    Donny Turang 13 February 2017, 06:10


    TOMOHON, beritanusantara.co.id - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tomohon Barat, banyak terungkap usulan pembangunan trotoar, jalan setapak, pengaspalan jalan, pengadaan alat-alat pertanian, pelatihan kerja dan perbengkelan. Sedangkan untuk sosial budaya dan kesehatan diusulkan pengadaan alat-alat kesehatan. Dan pelayanan umum yakni pengadaan sarana penunjang kantor seperti meubeler serta komputer.

    "Banyak usulan yang masuk di e-Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2018 Kecamatan Tomohon Barat," kata Camat Tomohon Barat, Michael Edvin J Joseph, Senin 12Februari 2017.

    Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda), Ervinz DH Liuw menyatakan bersyukur atas pekaksanaan kegiatan e-Musrenbang yang telah diawali dari Musrenbang kelurahan. "Saat ini pola baru Musrenbang telah dilaksanakan di Kota Tomohon yakni e-Musrenbang (Musrenbang secara elektronik dimana semua usulan langsung di masukkan dalam website kelurahan dan kecamatan) dimana semua program kegiatan yang tertuang maka itu yang nantinya disetujui sesuai prioritas untuk dilaksanakan," paparnya.

    Hal ini, menurut Evinz merupakan komitmen Pemerintah Kota Tomohon bersama Komisi Pwmberantasan Korupsi (KPK) dalam pemberantasan korupsi. Kendati, tahapan ini uji coba sebagaimana disampaikan Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman pada pertemuan dengan KPK di Palu pada beberapa hari yang lalu.

    "Ada hal-hal yang harus dibenahi dalam aplikasinya maupun dalam nama dan nomenklatur penyebutannya yang nantinya disinkronisasikan dengan istilah dalam aplikasi ini. Selanjutnya dalam tahapan ini akan dimasukkan dalam proposal di perangkat daerah dan di bahas, diawali dengan pertemuan dan pembahasan dengan para camat," jelas Ervinz, seraya menambahkan, semua yang disepakati nantinya akan dituangkan dalam RKPD, menjadi e-program, e-budgeting sesuai dengan program EMAS Walikota dan Wakil Walikota Tomohon.

    Walikota Tomohon yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Lily Solang mengatakan forum musyawarah stakeholder ini nantinya digunakan dalam RKPD 2018. Diharapkan melalui pelaksanaan Musrenbang ini akan merumuskan beragam usulan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 nanti.

    E-Musrenbang Tomohon Barat ini diserahkan user ID dan pasword yang diterima camat. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial