beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

Di Rakor EPRA, Wawali: Penelitian Menkeu, Perencanaan Anggaran Masih Banyak Asal Buat

Donny Turang 27 March 2017, 08:45


Foto: Syerly Adelyn Sompotan, Wakil Walikota Tomohon.

TOMOHON, beritanusantara.co.id - Wakil Walikota (Wawali) Tomohon, Syerly Adelyn Sompotan mengatakan Pemerintah Republik Indonesia (RI)sejak 2013 lalu telah beberapa kali melakukan spending review untuk menekan inefesiensi penggunaan anggaran di tingkat kementrian/lembaga dan pemerintah daerah. Apalagi berdasarkan enelitian Menteri Keuangan (Menkeu)RI ,Sri Mulyani ,masih banyaknya pemerintah daerah yang membuat perencanaan anggaran secara tidak matang dan terkesan hanya asal buat. Jika praktek tersebut terus dilakukan, dampaknya tidak akan bagus kepada daya efektivitas dari instrumen fiskal untuk mencapai tujuan nasional.

Kecenderungan penyerapan anggaran belanja yang menumpuk pada akhir tahun masih terjadi berulang setiap tahunnya. Secara makro hal ini akan berakibat terhadap pertumbuhan perekonomian, inefesiensi kegiatan serta adanya pemborosan dalam penggunaan dana tanpa memperhatikan hasil. "Saya selaku Wakil Walikota Tomohon, menugaskan kepada TEPRA Kota Tomohon dan seluruh Perangkat Daerah (PD) agar menambahkan perhitungan angka gini rasio, yakni koefesien gini untuk seluruh program dan kegiatan sebagaimana yang telah diperintahkan," papar Syerly di depan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi dan Pengawasan Evaluasi Anggaran (EPRA) di aula lantai III Kantor Walikota Tomohon, Senin 27 Maret 2017.

Sangat disadari, Syerly melanjutkan, semua disibukan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing serta adanya penambahan pola pelaporan keuangan dan pekerjaan tambahan lainnya,. Namun marilah mengatur dengan baik waktu kerja, mendahulukan pekerjaan yang prioritas sehingga kamua dapat mewujudkan mekanisme pelayanan kerja keras, kerja cerdas dan keras tuntas.

Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Harold Viktor Lolowang mengingatkan kepada 43 Perangkat Daerah (PD) realisasi penyerapan anggaran dapat sesuai dengan target yang diberikan.

Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon, Gerardus 'Herry' Mogi, selaku Ketua Tim EPRA, mengatakan sasaran kegiatan untuk pengawasan atas realisasi anggaran belanja daerah Kota Tomohon periode Januari-Februari 2017.

RAPOR MERAH

Sementara dari informasi yang didapatkan, Rakor EPRA ini mengungkapkan apabila 21 Perangkat Daerah (PD) masuk rapor merah dalam penyerapan anggaran. (donny)



Berita Terkini

20 April 2017

Advertorial