TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Daerah di Sulawesi Utara   »   Kota Tomohon

    Walikota Tomohon Bersama Kapolda se-Indonesia Video Conference dengan Kapolri

    Donny Turang 25 August 2016, 12:40


    TOMOHON, beritanusantara.co.id - Walikota Tomohon, Jimmy Feidie Eman, Kamis 24 Agustus 2016, mengikuti video conference dengan Kapolri, Tito Karnavian, dengan Kapolda se-Indonesia. Video conference ini terkait Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

    "Pentingnya audit kepatuhan yang merupakan salah satu strategi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

    Kapolri mengatakan upaya edukasi dan peringatan terhadap semua pelaku kehutanan baik pemerintah daerah dan perusahaan untuk membenahi diri, melengkapi kapasitas sesuai standar dan peraturan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Dan instrumen yang tepat untuk pembelajaran, menegakkan peraturan dan memberikan efek jera bagi korporasi serta pemda yang tidak serius dalam menjaga wilayahnya dari kebakaran.

    "Adapun langkah yang telah kami lakukan untuk mitigasi kebakaran hutan dan lahan di tahun 2016 ini, contohnya pemberdayaan masyarakat desa dengan membentuk Masyarakat Peduli Api (MPA) dan menggerakan pelaku usaha perkebunan dan hati untuk mendukung program sekat kanal," jelasnya seraya menambahkan namun ada beberapa kendala yang dihadapi. Salah satunya kondisi geografis kebakaran hutan dan lahan pada lokasi yang sulit terjangkau.

    Setelah video conference dengan Kapolri selesai, Kapolda Sulut, Irjen Pol Wilmar Marpaung didampingi Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sulut, Herry Rotinsulu membahas tema yang sama.

    "Provinsi Sulawesi Utara sangat jarang terjadi kebakaran hutan tetapi kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada. Mencegah lebih mudah daripada memadamkan api," imbaunya.

    Kesempatan ini Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman memberikan masukan di mana perlu dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan. Agar jika terjadi kebakaran hutan dan lahan mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

    Kapolda menerima masukan yang disampaikan Walikota Tomohon. (donny)



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial