TRENDING NOW   :  
    beritanusantara.co.id   »   Nasional

    Dana Desa Ditargetkan Terserap 100 Persen

    Donny Turang 19 January 2017, 23:39


    JAKARTA, beritanusantara.co.id - Tahun ini, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menargetkan dana desa dapat terserap 100 persen. "Tahun ini kita target seratus persen dana desa terserap di seluruh desa," kata Menteri Desa (Mendes) PDTT, Eko Putro Sandjojo seperti dikutip melalui laman Kemendes PDTT pada Kamis 19 Januari 2017.

    Setiap tahun, penyerapan dana desa terus mengalami peningkatan yang signifikan. Pada 2015, dana desa terserap pada 74.093 desa dengan total 83 persen, sedangkan pada 2016 ada 74.754 desa yang menyerap dana desa sebesar 95 persen. "Beberapa faktor yang menjadi kendala tidak tersalurkannya ke desa disebabkan karena kepala desanya terkena masalah hukum, pembuatan laporannya telat, atau desanya sudah menjadi kelurahan," jelasnya.

    Untuk pencegahan penyalahgunaan dana desa, Eko mengatakan bahwa Kemendes PDTT sudah memiliki Satgas Desa dan Pokja Masyarakat Sipil. Keduanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan laporan penyalahgunaan. Selain itu, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan terkait dugaan penyelewengan dana desa ke Call Center Kemendes PDTT di nomor 1500040. "Kalau dalam program saber pungli dana desa ini kita melibatkan pihak Kepolisian, Kejaksaan dan KPK. Kalau ada kasus atau laporan dari masyarakat bisa ditindaklanjuti lebih cepat. Masyarakat melapor, nanti kita ada tim saber pungli yang menindaklanjuti laporan tersebut," tegasnya.(bentara))



    Berita Terkini

    20 April 2017

    Advertorial